Senin, 29 April 2024

Berita Nasional Hari Ini

Pancasila dan Konflik Israel Vs Palestina Jadi Topik Kuliah Umum Jokowi di Amerika Serikat

Selasa, 14 November 2023 19:14

BERBICARA - Kepala Negara Republik Indonesia,Presiden Joko Widodo (Jokowi). / Foto: Istimewa

POPNEWS.ID - Presiden Jokowi memilih tema Pancasila saat mengisi kuliah umum di Gaston Hall, Gedung Healy, Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023. 

Diketahui, Pancasila menjadi falsafah bangsa Indonesia yang menjadi penopang kehidupan bernegara.

Menurut Keterangan Biro Pers dan Media Istana, kuliah umum Jokowi diikuti oleh hampir 500 peserta yang terdiri dari akademisi hingga mahasiswa. 

“Dalam mengelola keberagamannya Indonesia memiliki panduan, memiliki ideologi yaitu Pancasila, unity in diversity yang menginspirasi di setiap sendi-sendi kehidupan termasuk kehidupan bernegara,” kata Jokowi Senin 13 November 2023.

“Yang namanya communication, room for dialogue, collaboration, cooperation itu menjadi kunci untuk mencapai stabilitas dan perdamaian baik di kawasan maupun di dunia,” katanya. 

Presiden berada di Amerika Serikat untuk berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di San Francisco, pada pekan ini. 

Jokowi bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, pada Senin, 13 November 2023.

Dalam kuliah umumnya di Georgetown University, Jokowi menekankan bahwa Indonesia terbuka untuk membangun kerja sama dengan semua negara. 

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment