Minggu, 19 Mei 2024

Gunung Semeru Erupsi Lagi Sebabkan Banjir Lahar Dingin dan Material Vulkanik

Kamis, 16 Desember 2021 20:45

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi, Kamis 16 Desember 2021 (Foto: Tim SAR)

POPNEWS.ID - Gunung Semeru Jawa Timur mengalami erupsi Kamis (16/12/2021) pukul 09:01 WIB pagi tadi. Kepulan awan panas berupa Awan Panas Guguran (APG) muncul dari puncak Semeru.

"Terjadi guguran awan panas sangat besar Semeru. Seluruh kru dan masyarakat yang ada di titik zona merah ditarik ke zona aman. Personlil TNI dan polri mengawal masyarakat untuk mencapai tempat lebih aman," ujar Heri Setiawan, relawan Cepat tanggap di Posko Darurat Bencana Kantor Balai Desa Sumber Wuluh, melalui akun Instagramnya.

Erupsi susulan Gunung Semeru menyebabkan hujan abu vulkanik berikutnya terjadi lebih hebat sekira pukul 13:25 WIB. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, tampak warga di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berlarian menuruni gunung.

Mereka berupaya menyelamatkan diri menjauhi kawasan kaki gunung Semeru. APG itu meluncur sejauh 4,5 km ke arah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Relawan dan tim SAR yang tengah melakukan proses pencarian korban hilang di Desa Supiturang langsung berlarian meninggalkan lokasi.

Erupsi gunung Semeru yang terjadi untuk merupakan erupsi gunung Semeru yang ada di Pronojowo yang cukup besar.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment