Minggu, 5 Mei 2024

Berita Internasional Hari Ini

Delapan Negara yang Diam-Diam Diekspansi China

Negara nyaris bangkrut

Jumat, 31 Desember 2021 15:11

Peta wilayah China (Foto: Capture Google 2021)

POPNEWS.ID - Laporan tentang adanya negara-negara yang jatuh bangkrut dalam jebakan utang China atau Tiongkok sebenarnya telah lama. Tapi tampaknya China belum usai menggerakkan langkah itu untuk negara-negara lainnya di dunia.

Di Desember 2018, Quartz melaporkan ada delapan negara yang berutang ke China lalu alami "bangkrut". Tak ada salahnya menyimak kembali delapan negara yang alami jatuh bangkrut setelah punya pinjaman lalu terlilit utang ke China.

Berdasarkan analisis dari The Center for Global Development, sebuah organisasi penelitian nirlaba, China diduga telah memberikan bujuk rayu agar negara-negara berkembang menerima investasi mereka.

Tahun 2017, Sri Lanka mencatatkan utang lebih dari $1 miliar ke China. Sri Lanka adalah negara di wilayah Asia Selatan beribukota Kolombo.

Akibat utang itu, Sri Lanka lalu serahkan satu pelabuhan kepada BUMN milik pemerintah China.

Dampak lain dari pembangunan infrastruktur oleh China di Sri Lanka adalah pahitnya kondisi di sekitar Hambantota dan proyek-proyek seperti “bandara terkosong di dunia.”

Negara Djibouti berlanjut kemudian jadi negara yang berutang ke China. Negara di Benua Afrika ini menjadi wilayah yang digunakan Amerika Serikat untuk pangkalan utama militer di Afrika.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment