Sabtu, 18 Mei 2024

Peraih Nobel Desmond Tutu Meninggal, Simak Ucapan Penghormatan Para Pemimpin Dunia

Senin, 27 Desember 2021 18:5

Desmond Tutu (Foto: Reuters)

POPNEWS.ID - Peraih Nobel Perdamaian Desmond Tutu meninggal dunia Minggu (26/12/2021). Desmond Tutu meninggal dalam usia 90 tahun.

Desmond Tutu lahir di dekat Johannesburg dan tumbuh di Cape Town. Dia dikenal memimpin banyak pawai dan kampanye untuk mengakhiri apartheid di depan Katedral St George.

Diketahui bahwa Desmond Tutu meninggal dunia Minggu pagi di sebuah panti jompo Cape Town. Seorang perwakilan dari Uskup Agung Desmond Tutu IP Trust menyatakan Desmond Tutu akan disemayamkan di St George's pada hari Jumat sebelum upacara pemakamannya di sana pada hari Sabtu.

Dia didiagnosis menderita kanker prostat pada akhir 1990-an. Dia lalu menjalani perawatan di rumah sakit beberapa kali untuk mengobati infeksinya.

Desmond Tutu terakhir terlihat di depan umum pada bulan Oktober di Katedral St George di Cape Town saat kebaktian yang menandai ulang tahunnya yang ke-90.

Desmond Tutu Melawan Apartheid di Afrika Selatan

Desmond Tutu dikenal dengan julukan veteran perjuangan Afrika Selatan melawan rasialisme apartheid. Dia dihormati seluruh warga dunia selaku hati nurani bangsanya.

Sejarah mencatat Desmond Tutu mendapat gelar Nobel Perdamaian di tahun 1984. Prestasi itu diakui dunia berkat upaya Desmond Tutu menentang kekerasan dari pemerintahan minoritas kulit putih Afrika Selatan.

Sebagai pemimpin agama dan gerakan masyarakat, Desmond Tutu baru melihat hasil perjuangannya 10 tahun setelah mendapat gelar itu. Gerakan apartheid pun segera berakhir di Afrika Selatan.

Kini dia telah meninggal dunia. Seluruh penghormatan diberikan kepadanya hari Minggu kemarin.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment