Jumat, 3 Mei 2024

Riset Nielsen Terbaru, Belanja Iklan 2021 Sebesar Rp 259 Triliun, Cek Porsi Digital dan Media Cetak

Senin, 14 Maret 2022 19:40

Nielsen

POPNEWS.ID - Nielsen merilis data jumlah dan perilaku belanja iklan sepanjang 2021.

Hasilnya, belanja iklan sepanjang 2021 mengalami kenaikan 13 persen dibanding tahun sebelumnya.

Nielsen menghitung gross rate belanja iklan untuk televisi, channel digital, media cetak dan radio mencapai Rp 259 triliun.

Televisi masih menjadi saluran iklan pilihan para brand dengan jumlah belanja iklan 78,2 persen, disusul channel digital 15,9 persen, media cetak 5,5 persen, dan radio 0,4 persen.

"Televisi masih menjadi saluran iklan utama karena sifatnya yang dapat menjangkau audiens lebih banyak dalam waktu bersamaan," ucap Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia dalam rilis Senin (14/3).

Sementara itu, kemudahan kustomisasi channel digital membuat belanja iklan turut beranjak naik.

Peningkatan ini menandakan bahwa kepercayaan untuk beriklan di tengah pandemi masih tinggi.

Sepanjang 2021, Nielsen menemukan pertumbuhan positif pada 9 dari 10 kategori yaitu online services, facial care, hair care, coffee and tea, snacks, clove cigarettes, seasonal condiments, liquid milk, dan instant food and noodles.

Pertumbuhan tertinggi dicatat kategori online services dengan belanja iklan Rp 42,8 triliun atau naik 67 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, iklan pada kategori government dan political organization mencatatkan penurunan sebesar 4 persen karena belum dimulainya periode pesta politik.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment