Minggu, 5 Mei 2024

Advertorial Pemkot Samarinda

Launching Wadah Edukasi Daur Ulang Sampah, Andi Harun Ungkap Peran Masyarakat Terus Meningkat

Kamis, 9 Maret 2023 16:0

LAUNCHING -Andi Harun saat hadiri Launching Wadah Edukasi Daur Ulang Sampah Kota Samarinda dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2023/ Foto: pojoknegeri.com

POPNEWS.ID - Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Wali Kota Samarinda Andi Harun turut hadir pada launching Wadah Edukasi Daur Ulang Sampah, di Basoda Resto Cafe Jalan Dr Soetomo, Kamis (9/3/2023).

Andi Harun menjelaskan bahwa pada saat ini tantangan persoalan sampah di Samarinda masih sangat besar.

"Pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan meliputi kegiatan pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan pengurangan sampah dilakukan melalui kegiatan 3R, reduse (pembatasan), reuse (guna ulang) dan recycle (daur ulang)," ucapnya.

Ia mengatakan bahwa aspek pengelolaan sampah terdiri dari lima aspek, yaitu aspek kelembagaan, aspek peraturan, teknis keuangan, aspek  teknis dan aspek peran serta masyarakat. 

Dalam setahun jumlah timbunan sampah yang dihasilkan warga Kota Samarinda mencapai 214.347,89 ton atau 587,25 ton per hari (dengan jumlah penduduk 838 jiwa), dan akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah penduduk.

"Jika kita melihat data yang tersedia, maka dapat disimpulkan bahwa peran serta masyarakat dari tahun ke tahun meningkat. Desember 2022 Bank sampah yang dikelola oleh masyarakat berjumlah 54 unit, dengan jumlah sampah non organik sebanyak 97.759 kg (sembilan puluh tujuh ribu tujuh ratus lima puluh sembilan) kg per tahun, atau 267 (dua ratus enam puluh tujuh) kg per hari," tutur Andi Harun.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment