Minggu, 23 Juni 2024

Pemkot Samarinda Bakal Gandeng Ahli IT Ainun Najib guna Percepatan Transformasi Digital di Kota Tepian

Kamis, 13 Juni 2024 13:7

Wali Kota Andi Harun saat membahas percepatan transformasi digital di Kota Samarinda/Foto: Pemkot Samarinda

POPNEWS.ID - Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menciptakan platform yang berbasis pada kebutuhan warga terus dilakukan Pemkot Samarinda.
 
Dalam mewujudkan program tersebut, Pemkot Samarinda akan mengandeng ahli digital Ainun Najib yang saat ini bekerja di Singapura.
 
Hal itu disampaikan Wali Kota Samarinda Andi Harun disela memimpin rapat koordinasi percepatan transformasi digital.
 
“Mungkin setelah lebaran Idul Adha kita akan ketemu Ainun Najib di Singapura untuk meminta masukan dari beliau terkait percepatan transformasi digital di Pemkot Samarinda,” ujar Andi Harun.
 
Ia mengaku sebelumnya sudah pernah berkomunikasi langsung dengan Ainun Najib saat dirinya mengikuti Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah (KPPD) yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia (RI) tahun lalu.
 
Ia menjelaskan, niatan Pemkot mengandeng Ainun agar sistem digitalisasi di pemerintahannya bisa mempercepat dalam pengintegrasian beragam pelayanan publik, sehingga dampaknya lebih optimal ke masyarakat.
 
“Jadi bersama pak Ainun nanti ada enam kompetensi yang perlu kita perdalam untuk menjalankan SPBE ini, diantaranya mulai dari pengembangan proses bisnis, analisis proses bisnis digital, sinergitas spbe hingga ke tahap satu data Indonesia,” ungkap Andi Harun.
 
Sementara itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda, Suparmin menambahkan, jika dari Diskominfo sendiri sejauh ini sudah beberapa kali menjalin komunikasi dengan Ainun Najib.
 
Termasuk mengagendakan jadwal pertemuan antara Pemkot dan ahli teknologi informasi yang pernah dipuji Presiden Jokowi karena keahliannya.
 
“Sebenarnya pak Wali ingin pak Ainun nya yang berkunjung ke Samarinda supaya bisa share knowledge dengan para pegawai disini, tapi karena jadwal beliau sangat padat maka kita yang diundang untuk berkunjung ke Singapura di Minggu ke dua setelah lebaran Idul Adha,” ungkapnya.
 
Dikatakannya, rencana kerja dengan Ainun Najib sendiri sudah disusun jauh-jauh hari oleh Pemkot, meliputi membangun platform satu data dan peta Samarinda dengan pendekatan Enterprise Resource Planning, lalu ada juga membangun portal SMR Gov yang mengintegrasikan layanan publik dan layanan internal ASN, serta membangun platform big data Samarinda.
 
“Terakhir ada juga peningkatan SDM di lingkungan ASN Pemkot Samarinda dalam menunjang percepatan transformasi digital terkhusus untuk staf IT,” pungkasnya. (*)

Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment