Senin, 6 Mei 2024

Mengenal Hobi Aquascape Ikan Hias Tanaman Air Saat Pandemi

Selasa, 21 Desember 2021 14:42

Ekosistem air dalam aquascape (Foto: Ist)

POPNEWS.ID - Hobi yang berkembang saat pandemi adalah hobi rumahan. Jenis hobi yang mulai banyak dilirik antara lain aquascape.

Aquascape adalah keterampilan mengelola ruang hidup air dalam skala kecil. Biasanya media yang digunakan berupa akuarium atau medium yang terbuat dari kaca.

Aquascape bisa diartikan sebuah diorama ekosistem air. Bedanya dengan akuarium, aquascape memerlukan seni untuk mengatur ekosistem tanaman dan hewan yang hidup dalam air.

Di dalam aquscape juga ditemukan batu, pasir, atau kayu. Sehingga bisa tercipa sebuah pemandangan harmonis dalam air yang indah dan menginspirasi.

Aquascape Kuno

Ide tentang aquascape atau aquascaping ini bermula sejak kekaisaran China pada 1369 Masehi. Zaman kaisar China itu aquascape terbuat dari tanah liat, keramik, atau batu.

Waktu itu keindahan tanaman dan ikan hias hanya bisa dilihat dari atas. Orang tidak bisa melihat pemandangan aquascape dari samping.

Saat ini orang bisa melihat pemandangan ikan dan tanaman hias dari atas dan dari samping. Aquascape telah menggunakan medium transparan.

Aquascape Klasik

Dalam perkembangan berikutnya, Aquascape mulai ditekuni pada tahun 1836. Kala itu muncul yang namanya Wardian Box yang diciptakan Dr. Nathaniel Bagshaw Ward.

Lima belas tahun kemudian tercipta akuarium besar pada 1853. Letaknya di Kota London, Inggris, di sebuah kebun binatang

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment