Sabtu, 18 Mei 2024

Kabar Trending

Siap-siap, Bank Indonesia akan Rilis Desain Uang Rupiah Digital Pertengahan 2023

Kamis, 9 Maret 2023 14:37

Bank Indonesia

POPNEWS.ID - Bank Indonesia akan merilis desain uang rupiah digital.

Rencananya, desain ini baru dirilis pada Juli 2023.

Hal ini diungkapkan langsung Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara High Level Seminar ASEAN, yang digelar Senin (6/3/2023).

Perry juga menjelaskan Bank Indonesia juga akan merilis kebijakan serta regulasi dan keuangan yang lebih inklusif terkait keberadaan dari mata uang digital.

Rencana ini akhirnya disahkan setelah Bank Indonesia menerbitkan consultative paper agar masyarakat maupun pengamat memberikan pandangan, hingga saran untuk pengembangan desain rupiah digital pada Februari kemarin.

Banyaknya respon positif yang ramai dilontarkan masyarakat, mendorong Bank Indonesia untuk mempercepat proses peluncuran desain rupiah digital.

Nantinya setelah desain tersebut dipamerkan pada 15 Juli 2023, Bank Indonesia akan langsung mengembangkan desain rupiah digital dalam bentuk enkripsikan.

Seperti yang disampaikan Perry, rencananya rupiah digital akan menggunakan teknologi blockchain atau distributed ledger technology (DLT), untuk mempercepat implementasi rupiah. Diperkirakan proses ini akan memakan waktu kurang lebih 1,5 tahun lamanya.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment