Jumat, 20 September 2024

Sinopsis Film Argentina 1985

Jumat, 27 Januari 2023 12:0

FILM - Sinopsis Argentina 1985:Julio César Strassera (Ricardo Darín) adalah seorang jaksa pegawai negeri yang cenderung bermain aman sepanjang kariernya. / Foto : dok. Amazon Studios via IMDb

POPNEWS.ID - Film Argentina 1985 menjadi kejutan setelah berhasil memenangkan film berbahasa asing terbaik Golden Globe Awards 2023, atau Best Motion Picture.

Film ini mengisahkan perjalanan dua jaksa dalam mengurus kasus persidangan sejumlah mantan petinggi junta militer di Argentina, yang diduga melakukan genosida selama masa kediktatoran National Reorganization Process 1976-1983.

Julio César Strassera (Ricardo Darín) adalah seorang jaksa pegawai negeri yang cenderung bermain aman sepanjang kariernya. Baginya, ia hanya sekadar menjalankan tugas sebagai jaksa sipil dan bisa menyediakan nafkah untuk keluarga.

Namun situasi pergolakan sosial-politik di Argentina pada 1983 membuat Julio gelisah. Apalagi kala itu, banyak orang dinyatakan hilang dan mengaku disekap juga disiksa oleh tentara yang menjadi bagian dalam pemerintahan junta militer.

Sebagai seorang ayah yang juga berprofesi di bidang hukum, ia begitu mengkhawatirkan keselamatan anak-anaknya. Kondisi itu pula yang membuat ia memilih untuk tidak ikut-ikut dalam arus politik yang berubah di Argentina pada masa itu ke arah demokrasi.

Hingga suatu kali, sembilan pemimpin junta militer akan disidang oleh peradilan sipil setelah peradilan militer gagal melakukan tugasnya.

Sembilan orang itu adalah Jorge Rafael Videla, Emilio Eduardo Massera, Roberto Eduardo Viola, Armando Lambruschini, Orlando Ramón Agosti, Omar Graffigna, Leopoldo Galtieri, Jorge Anaya, dan Basilio Lami Dozo.

Kondisi ini membuat Julio makin gelisah karena pengadilan akan mencari jaksa yang bersedia membuat dakwaan kepada mantan pemimpin militer yang memiliki kekuatan yang ditakuti banyak orang.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment