Minggu, 19 Mei 2024

Kabar Internasional

Saktinya Vladimir Putin, Dilantik Jadi Presiden Rusia Periode ke 5, Bisa Tunjuk Langsung Perdana Menteri

Selasa, 7 Mei 2024 18:41

MENJELASKAN - Presiden Rusia Vladimir Putin/ Foto: okezone

POPNEWS.ID -  Vladimir Putin tampaknya tak memiliki pesaing serius di kancah politik Rusia.

Pasalnya, Vladimir Putin dilantik sebagai presiden Rusia untuk periode kelima dalam sebuah upacara pelantikan yang akan digelar di ibu kota Moskow pada Selasa (7/5/2024).

Upacara tersebut, yang dijadwalkan berlangsung di Kremlin, akan secara resmi menandai dimulainya masa jabatan enam tahun berikutnya bagi Putin, yang memenangkan 87,28% suara dalam pemilihan presiden yang diselenggarakan pada bulan Maret.

Setelah upacara pelantikan, pemerintah Rusia saat ini akan mengundurkan diri dan pemerintah baru akan mulai bertugas dengan persetujuan dari parlemen negara, sesuai dengan amandemen konstitusi yang dilakukan tahun 2020.

Dalam hal ini, Putin akan menyampaikan kandidatnya untuk perdana menteri kepada Duma Negara Rusia, badan parlemen tingkat rendah negara tersebut, untuk mendapatkan persetujuan.

Meskipun parlemen memiliki kekuatan untuk menerima atau menolak kandidat, Putin akan dapat langsung menunjuk perdana menteri tanpa persetujuan parlemen jika para anggota parlemen menolak kandidat tersebut sebanyak tiga kali.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment