Jumat, 20 September 2024

Berita Nasional Hari Ini

Kendaraan Berbahan Bakar Fosil Dilarang Ikut Pindah ke Ibu Kota IKN Nusantara

Selasa, 22 Februari 2022 21:33

Presiden RI Joko Widodo saat Peresmian Kantor DPP Partai Nasdem: Nasdem Tower, di Menteng, Provinsi DKI Jakarta, 22 Februari 2022 (Foto: Setkab)

Pemilik mobil berbahan bakar fosil dan berniat pindah ke kawasan ibu kota negara (IKN) Nusantara harus batalkan niatnya untuk pindah ke Ibu Kota IKN.

Presiden RI Joko Widodo dalam Peresmian Kantor DPP Partai Nasdem: Nasdem Tower, di Menteng, Provinsi DKI Jakarta, 22 Februari 2022 menyatakan bahwa kawasan IKN adalah kawasan smart forest city.

Menurut Jokowi, 70 persen area IKN harus menjadi area hijau. Sementara 80 persen kendaraan yang ada atau perputaran mobilitas dari satu tempat ke tempat lain, mobilitas orang itu didukung oleh 80 persen transportasi publik.

"Jadi bukan mobil pribadi," kata Jokowi.

Sementara untuk 80 persen lebih nanti akan menggunakan energi hijau, yaitu dari hydropower yang ingin kita bangun di Sungai Kayan, di Kalimantan Utara.

Dalam rencana Jokowi, konemsi IKN dari satu titik ke titik yang lain diperkirakan oleh city planner-nya memakan waktu 10 menit atau 10-minute city.

"Dari sini ke sini, dari sini ke sini, semuanya 10 menit. Dan kita akan memberikan prioritas kepada, yang pertama adalah pejalan kaki, orientasinya ke sana. Yang kedua, yang naik sepeda. Yang ketiga, yang transportasi umum," kata Jokowi.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment