Rabu, 18 September 2024

Groundbreaking Pelabuhan Multipurpose di Palaran, Andi Harun Berharap Pertumbuhan Ekonomi Samarinda Meningkat

Selasa, 10 September 2024 13:35

Kegiatan groundbreaking Pelabuhan Multipurpose di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran/IST

POPNEWS.ID - Pemkot Samarinda terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kota Tepian.
 
Teranyar, Wali Kota Samarinda Andi Harun melakukan groundbreaking Pelabuhan Multipurpose di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran. 
 
Peletakan batu pertama Pelabuhan Multipurpose itu merupakan hasil kolaborasi strategis Pemkot Samarinda dengan PT RAE Energi Investama dan PT Samudera Pelabuhan Indonesia.
 
Pelabuhan itu diharapkan menjadi pusat kegiatan ekonomi yang vital, mendukung distribusi logistik, serta meningkatkan konektivitas daerah.
 
Dalam sambutannya,  Andi Harun menyampaikan rasa optimisme terhadap proyek tersebut.
 
"Pasti menggembirakan, kita sudah groundbreaking. Artinya keseriusan investor dan mitranya telah menjadi kesepahaman untuk melanjutkan pembangunan ini," ujar Andi, Senin (9/9/2024) kemarin.
 
Pelabuhan Multipurpose, yang konstruksinya diproyeksikan akan dimulai tahun depan, dirancang untuk meningkatkan efisiensi distribusi barang dan jasa, baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.
 
"Melalui kerja sama ini, kita harapkan adanya peningkatan signifikan di berbagai sektor, termasuk perdagangan, industri, dan jasa transportasi laut modern," kata Andi Harun.
 
Sebelumnya, Pemkot Samarinda telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT RAE Energi Investama, sebagai langkah awal untuk mendorong optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan infrastruktur.
 
Andi Harun mengatakan pelabuhan itu tidak hanya diproyeksikan untuk memperkokoh posisi Samarinda sebagai pusat ekonomi di Kaltim, tetapi juga berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.
 
Andi Harun menekankan pentingnya pengelolaan profesional pelabuhan ini.
 
"Saya ingin mengajak semua pihak yang terlibat untuk bekerja dengan penuh komitmen demi mewujudkan visi kita bersama, yaitu menjadikan Samarinda sebagai kota pusat peradaban yang maju, ramah lingkungan, dan berdaya saing,” pungkasnya. (*)

Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment