Minggu, 6 Oktober 2024

Tekan Kasus Stunting, Wali Kota Andi Harun Dorong Pemprov Bantu Pendanaan

Jumat, 10 Maret 2023 21:38

WAWANCARA - Wali Kota Samarinda Andi Harun saat diwawancara awak media/ Foto: popnews.id

POPNEWS.ID - Pemkot Samarinda terus menggencarkan penurunan angka stunting di Kota Tepian.

Terkait hal itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim bisa membantu pendanaan terkait penanganan penurunan angka stunting tersebut.

Andi Harun menilai bahwa pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang diartikan sebagai satu kesatuan kawasan harus maju secara bersama-sama.

Tak hanya percepatan kualitas pembangunan infrastruktur, tetapi penanganan sosialnya pun termasuk.

“Kita perlu menjadikan ini (penurunan stunting) sebagai gerakan bersama yang terencana, terukur. Kalau kita melakukan gerakan bersama itu akan efisian dan bisa jauh lebih efektif. Di samping itu, bisa menjadi solusi atas ketimpangan kemampuan pembiayaan,” ujar Andi Harun, Kamis (9/3/2023).

Andi Harun meyakini bahwa Pemprov Kaltim dan pemerintah kabupaten/kota harus bersinergi guna mampu menurunkan angka stunting secara efektif.

Ia mengatakan bahwa ada ketimpangan atau disparitas kemampuan pembiayaan di masing-masing APBD kabupaten/kota dengan APBD provinsi. Ketimpangan tersebut terhitung sangat besar.

“Program prioritas atau masalah-masalah prioritas di masing-masing kabupaten/kota perlu difasilitasi oleh pemerintah provinsi,” pungkasnya. (Advertorial)

Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment