Minggu, 8 September 2024

Disambut Sumringah Warga Sebulu, Brigjen TNI Dendi Suryadi Imbau Waspadai Demam Berdarah di Musim Hujan

Minggu, 14 Juli 2024 20:18

Brigjen TNI Dendi Suryadi saat bersilahturahmi dan menghadiri bakti sosial serta kegiatan khitanan massal di Sebulu beberapa waktu lalu

POPNEWS.ID -  Bakti sosial serta kegiatan khitanan massal beberapa waktu yang lalu di Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) turut dihadiri Brigjen TNI Dendi Suryadi.

Kedatangan Jenderal TNI berdarah Kutai itu disambut antusias oleh ratusan masyarakat Sebulu.

Dalam kegiatan itu, tampak warga sumringah saat bersalaman dengan sang jenderal.

"Kenalan dulu biar nyaman," ujar eks Komandan Korem (Danrem) 091 ASN Korem 091/Aji Surya Natakesuma itu sembari berkelakar.

"Cakepp," sorak emak-emak Sebulu.

Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI Dendi Suryadi mengingatkan warga Kecamatan Sebulu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap demam berdarah.

Ia khawatir, pada musim penghujan, kasus yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti melonjak tajam.

Apalagi, pemukiman di Kecamatan Sebulu berada di kawasan perairan maupun rawa.

"Demam berdarah sedang menjadi wabah, tingkat kematiannya cukup tinggi di kabupaten etam ini," ujar Jenderal yang pernah dua kali bertugas pada Operasi Tempur di Timor-Timur.

"Karena itu, jaga kebersihan rumah, hindari air yang menggenang. Sehingga anak, bini, suami kita tidak ada yang sakit demam berdarah," lanjutnya.

Tips Pencegahan DBD

Melansir ayosehat.kemkes.go.id, berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, Diantaranya adalah:

* Memasang kelambu  di kamar tidur dan kasa pada setiap lubang ventilasi dan jendela

* Menggunakan repellent atau obat oles anti nyamuk

* Memakai baju lengan panjang dan celana panjang

* Menerapkan 3M (Menguras, Menutup, Mendaur ulang)

Dengan mengetahui dan menjalankan beberapa langkah diatas, diharapkan mampu meminimalisir kemungkinan paparan demam berdarah dengue.

Kasus DBD Kukar Tertinggi di Kaltim

Sebagaimana diketahui, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kukar merupakan yang tertinggi di Kaltim sepanjang 2023-2024, mencapai 1.355 kasus.

Masalah DBD di kabupaten ini makin mengkhawatirkan karena jumlahnya meningkat setiap tahun.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kukar, kasus DBD di kabupaten tersebut hanya 186 kasus pada 2021. Setahun kemudian, pada 2022, angka DBD meningkat menjadi 843 kasus dan naik lagi menjadi 1.118 kasus pada 2023.

Dinkes Kukar mencatat, kasus DBD rata-rata menyerang kelompok usia 5-15 tahun. Ada tiga kecamatan dengan angka DBD tertinggi pada 2023. Ketiganya yaitu Sebulu, Muara Kaman, dan Tenggarong Seberang.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment