Jumat, 3 Mei 2024

Berita Nasional

Wow, Anies Baswedan Berani Sebut Menko yang Getol Ubah Konstitusi, Sindir Mahfud MD atau Luhut Nih?

Sabtu, 18 Maret 2023 14:54

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

POPNEWS.ID -  Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan melempar kritik bahwa ada seorang menteri koordinator (menko) yang terang-terangan menyatakan dukungan untuk mengubah konstitusi.

Diketahui, ada 4 Menko di Indonesia, yakni Mahfud MD, Luhut Binsar Pandjaitan, Airlangga Hartarto dan Muhadjir Effendi.

Sementara itu, Luhut kerap dikait-kaitkan dengan upaya perpanjangan masa jabatan Presiden.

Anies mengaku tidak pernah membayangkan bahwa dukungan untuk mengubah konstitusi disampaikan secara terbuka di hadapan publik oleh seorang pejabat sekelas menteri koordinator.

"Kita tak bisa bayangkan ada petinggi menyatakan 'mari kita ubah konstitusi', tak pernah kita bayangkan. Kalau pun ada, itu pertemuan ruang-ruang tertutup, bukan?" kata Anies dalam acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan KAHMI Jaya di Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

"Tapi di ruang terbuka mengatakan itu, enggak pernah terbayang. Kok ada orang yang berada dalam posisi kunci, posisi kunci ini, menko, mengatakan mengubah konstitusi dengan jumlah orang berapa banyak orang yang mau mendukung," imbuh Anies.

Hal ini disampaikan saat berbicara soal banyaknya pertanyaan yang ia terima mengenai apakah kualitas demokrasi menurun atau tidak.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment