Jumat, 29 Maret 2024

Waspada Hepatitis Misterius Incar Anak, Pahami Gejalanya, Pakar Cek Spekulasi Penyebabnya

Rabu, 4 Mei 2022 11:12

Virus Hepatitis Akut, atau Hepatitis Misterius jadi sorotan dunia

POPNEWS.ID - Penularan Covid-19 telah mereda.

Kini dunia sedang dikagetkan dengan kemunculan penyakit Hepatitis Akut atau Hepatitis Misterius yang menyerang anak-anak.

Di Indonesia, 3 anak dilaporkan meninggal usai terinfeksi Hepatitis Misterius tersebut.

Kementerian Kesehatan RI melaporkan 3 anak rujukan dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat meninggal diduga terkait Hepatitis Akut yang tidak diketahui penyebabnya.

Berbagai spekulasi mencuat terkait dugaan penyebab, mulai dari adenovirus hingga vaksin Covid-19.

Terkait spekulasi yang mengaitkannya dengan vaksin Covid-19, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengingatkan bahwa hal ini tidak sesuai dengan fakta ilmiah.

"Hipotesis ini tidak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena Hepatitis Misterius ini justru belum menerima vaksinasi Covid-19," katanya dalam cuitan pribadinya di Twitter, dikutip atas izin yang bersangkutan.

Sementara itu, epidemiolog Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menyinggung kemungkinan varian baru SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, yang belum terdeteksi.

Hal ini dimungkinkan justru karena anak-anak banyak yang belum mendapat vaksinasi Covid-19.

"Anak ini kan telat banget dapat vaksin.

Baru belakangan dapat vaksin itupun di atas 6 tahun itu belum banyak yang mendapat dua dosis, ketika hadir varian yang lebih cepat Omicron dan sebagainya, mereka menjadi korban," beber Dicky kepada detikcom, ditulis Selasa (3/5/2022).

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment