Jumat, 17 Mei 2024

Berita Nasional Hari Ini

Prabowo Sebut Ganjar Tendensius karena Serang Dirinya soal 13 Aktivis 98 yang Masih Hilang hingga Kini

Rabu, 13 Desember 2023 18:44

Pilpres 2024 - Prabowo Subianto dan Anies Baswedan terlibat perdebatan sengit pada debat capres perdana, Selasa (12/12/2023). (ist)

POPNEWS.ID - Isu penculikan Aktivis 98 yang menyasar Prabowo Subianto kembali mengemuka.

Kali ini ditanyakan langsung oleh Ganjar Pranowo saat debat capres perdana Pilpres 2024, Selasa (12/12/2024)

Diketahui, ada 13 Aktivis 98 yang hingga saat ini tidak diketahui rimbanya.

Saat debat, Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto mendapat pertanyaan soal penyelesaian sejumlah kasus pelanggaran HAM termasuk soal kasus penculikan aktivis pada tahun 1998.

Pertanyaan itu dilontarkan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo pada sesi tanya jawab antar capres dalam Debat Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023) malam.

Selain bertanya soal penyelesaian pelanggaram HAM, Prabowo ditanya soal kesediaan untuk membantu menunjukkan makam para aktivis yang hilang agar keluarganya dapat berziarah.

"12 kasus pelanggaran HAM berat, mulai dari peristiwa 65, penembakan misterius, Talangsari, penghilangan paksa sampai Wamena.

Tahun 2009 DPR sudah mengeluarkan 4 rekomendasi untuk presiden: membentuk pengadilan HAM ad hoc, menemukan 13 korban penghilangan paksa, memberikan kompensasi dan pemulihan, dan meratifikasi konvensi anti penghilangan paksa sebagai upaya pencegahan."

"Kalau bapak di situ apakah akan membuat pengadilan HAM dan membereskan rekomendasi DPR?

Pertanyaan kedua, di luar sana menunggu banyak ibu-ibu apakah bapak bisa membantu di mana kuburnya yang hilang agar mereka bisa berziarah?" tanya Ganjar.

Mendapat pertanyaan itu, Prabowo justru melempar persoalan itu kepada wakil Ganjar, Mahfud MD yang menjabat sebagai Menko Polhukam.

"Masalah HAM ditangani Wakil Presiden Anda. Apa lagi yang mau ditanya kepada saya? Saya sudah jawab berkali-kali tiap 5 tahun kalau polling saya naik ditanya lagi soal itu," ujar Prabowo.

Saat diberi kesempatan menanggapi jawaban Prabowo, Ganjar menilai Prabowo tidak tegas.

Atas pernyataan Ganjar itu, Prabowo menyebut Ganjar tendensius karena menanyakan soal 13 aktivis yang hilang kepada dirinya.

“Loh kok dibilang saya tidak tegas? Saya tegas akan menegakkan HAM. Masalah yang bapak tanyakan, agak tendensius. Kenapa pada saat 13 orang hilang ditanyakan kepada saya? Itu tendensius, Pak,” jawab Prabowo.

Kasus Penculikan Aktivis 98

Kasus penculikan aktivias 1998 memang kerap naik ke permukaan saat Prabowo maju sebagai calon presiden dalam Pilpres.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment