Senin, 13 Mei 2024

Omicron Indonesia Sudah 46 Kasus, 1 Orang Keluar Karantina

Senin, 27 Desember 2021 15:24

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin, (27/12/2021). (Foto: captured kanal Youtube Sekretariat Presiden)

POPNEWS.ID - Kementerian Kesehatan RI mencatat hingga Senin (27/12/2021) kasus konfirmasi Omicron di Indonesia berjumlah 46 kasus.

Nyaris seluruh kasus dinyatakan Kementerian Kesehatan RI pelaku perjalanan luar negeri. Mereka dikarantina di dua tempat.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen oleh Badan Litbangkes, kami kembali mengidentifikasi adanya tambahan kasus Omicron sebanyak 27 orang. Saat ini sebagian besar telah menjalani karantina di Wisma Atlet dan sebagian lagi di RSPI Sulianti Saroso," demikian rilis Kementerian Kesehatan RI, Senin (27/12/2021).

Dengan tambahan kasus ini, total kasus terkonfirmasi Omicron di Indonesia sudah 46 kasus. Kasus pertama tercaat dilaporkan 16 Desember lalu.

Kasus Omicron tersebut terdeteksi di saat para pelaku perjalanan internasional tiba di Indonesia. Mereka menjalani karantina 10 hari.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya akan memperketat karantina masuk dari luar negeri. Menteri Budi Gunadi Sadikin mengingatkan seluruh pihak agar menjaga jangan sampai terjadi penularan varian Omicron lebih banyak.

Yang perlu dilindungi, kata Menteri Budi, adalah 270 juta masyarakat yang saat ini kondisinya sudah baik.

"Tolong dipahami bahwa proses karantina kedatangan perjalanan luar negeri adalah untuk melindungi warga kita dari penularan virus COVID-19, termasuk Omicron,' ujar Menteri Budi pada konferensi pers virtual perkembangan kasus Omicron, Senin (27/12/2021).

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan menyebut adanya penambahan kasus Omicron di Indonesia. Temuan berasal dari hasil pemeriksaan WGS oleh Badan Litbangkes yang keluar pada tanggal 25 Desember 2021.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment