Jumat, 29 Maret 2024

Cara Komunitas Literasi Digital Tangkal Hoaks, Dapat Dukungan dari Aparat

Kamis, 27 Januari 2022 15:17

Komunitas Malidi

POPNEWS.ID - Sebuah komunitas literasi digital bergerak untuk menangkal hoaks.

Caranya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dengan mengenalkan penggunaan platform media sosial dengan bijak.

Komunitas ini muncul di tengah masyarakat Kota dan Kabupaten Bekasi. Namanya Malidi.

Malidi merupakan singkatan dari Masyarakat Peduli Literasi Digital. Komunitas Malidi ini melihat bahwa hingga saat ini iklim media sosial telah dibanjiri berita hoaks.

Hal ini diduga bermula sejak 4 tahun silam. Tandanya adalah berita yang menyebar dengan sangat cepat tanpa ada kepastian kebenaran.

Tetapi berita itu mendapat respon positif bahkan dipercaya banyak orang.

Dari hal itu, Malidi bergerak mengklarifikasi informasi yang beredar di masyarakat.

Malidi lalu berkoordinasi dengan sumber-sumber yang bisa memberikan kebenaran informasi seperti pemerintah, institusi kepolisian, hingga aparat TNI.

Ketua Umum Malidi, Heru Nugroho, jelaskan bahwa pihaknya kerap bekerja sama dengan instansi resmi pemerintah melaluui berbagai kegiatan.

"Dengan Puspen TNI kami ikut membuat video penerangan, Dai Kamtibmas sosialisasi anti hoaks. Kami akan teruskan ekspansi ini melalui workshop edukasi dan kunjungan ke lingkungan pendidikan, juga menggandeng stakeholders untuk peningkatan kegiatan literasi demi NKRI dalam menebar berita-berita fakta," kata Heru Nugroho, dikutip dari Antara, Kamis (27/1.2022).


Meski begitu, Malidi tetap memiliki prinsip independensi, transparan, dan membantu mencerdaskan generasi muda melalui media sosial serta menjunjung persatuan bangsa.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment