Selasa, 7 Mei 2024

Modest Fashion Naik Daun, Industri Fashion Indonesia Punya Corak Sendiri

Senin, 17 Oktober 2022 19:33

FASHION - Modest Fashion/ Foto: Indonesian Inside

POPNEWS.ID - Apa yang kamu pikirkan tentang modest fashion? Baju muslim dengan lengan panjang tertutup, potongan lurus hingga menutupi mata kaki, berukuran longgar, dan selalu dilengkapi hijab?

Tidak, modest fashion tidak hanya berupa busana muslim.

Memang, masih banyak mispersepsi dalam memaknai modest fashion. Modest fashion memiliki spektrum yang sangat luas dan akan terlalu sempit bila hanya didefinisikan sebagai baju muslim.

Memang benar bahwa pada perjalanannya, modest fashion terinspirasi oleh berbagai tren dunia, salah satunya tren busana muslim atau hijaber. Akan tetapi, modest fashion sesungguhnya adalah tren busana bergaya santun.

Salah satu kunci penting dari modest fashion adalah siluet longgar yang tidak memperlihatkan lekuk tubuh, tak seperti skinny jeans atau legging.

Tak hanya itu, modest fashion juga minim mengekspos kulit pemakainya. Sementara, penggunaan hijab adalah pilihan untuk melengkapi. Jadi, busana muslim adalah bagian kecil dari modest fashion.

Saat ini, modest fashion tak hanya mendominasi koleksi desainer busana muslim. Modest fashion mendapat sorotan di berbagai rumah mode dunia, baik di Paris, Milan, London, hingga New York.

Sejurus dengan fenomena perkembangan dan makin ‘moncernya’ modest fashion, Jakarta Fashion Week (JFW) dari tahun ke tahun juga senantiasa memberikan ruang bagi desainer-desainer modest fashion untuk unjuk karya.

Di JFW, mereka memunculkan tren-tren terbaru modest fashion yang akan menjadi acuan tahun depan.

Tahun ini pun, JFW 2023 menghadirkan beberapa pergelaran modest fashion oleh desainer-desainer ternama dan memiliki banyak penggemar, seperti Ria Miranda, Nada Puspita, Benang Jarum, Kami Idea, dan masih banyak lagi.

Yang patut ditunggu adalah pemberian penghargaan Modest Fashion Award di JFW 2023 yang akan diberikan kepada satu desainer modest fashion yang telah melakukan terobosan-terobosan.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment