Kamis, 16 Mei 2024

Merger Dua Operator Seluler Kartu Tri dan Indosat Apa Dampaknya

Rabu, 5 Januari 2022 2:59

Indosat OOredoo HUTCHISON

POPNEWS.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengumumkan merger 2 perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Merger itu dilakukan antara PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia, Selasa (4/1/2022).

Menurut Menteri Johnny, bergabungnya dua perusahaan telekomunikasi ini merupakan satu tahap industri telekomunikasi Indonesia telah maju dan berkembang. Artinya telah melalui proses konsolidasi industri telekomunikasi melalui merger dan akuisisi.

Menteri Johnny memberikan persetujuan merger dan akuisisi PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 7 Tahun 2022 tentang Persetujuan Penggabungan Penyelenggaraan Telekomunikasi PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia.

“Hari ini adalah hari di mana satu tahap industri telekomunikasi indonesia maju dan berkembang, melalui proses konsolidasi industri telekomunikasi merger dan akuisisi. Pada hari ini, saya sebagai Menteri Kominfo telah memberikan persetujuan atas merger dan akuisisi atau penggabungan PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia,” ujar Menteri Johnny ketika Konferensi Pers Merger dan Akuisisi PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia, di Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, dikutip dari siaran pers Kementerian Kominfo.

Menteri Johnny menyatakan merger PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia adalah hasil konkret pelaksanaan Undang-Undang Cipta Kerja No 11 Tahun 2020 dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran. Tujuannya untuk menata dan memperkuat industri telekomunikasi nasional.

Terutama dalam pengaturan sektor Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar) untuk melakukan penataan industri agar lebih efisien, pangsa pasar yang lebih besar dan capital structure yang lebih kuat, serta untuk mendukung pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

Merger dan akuisisi dua perusahaan ini mengakibatkan perubahan struktur manajemen dan komposisi kepemilikan saham PT. Indosat. Merger akan memunculkan perusahaan baru bernama PT Indosat Ooredo Hutchison Tbk (IOH).

Komposisi kepemilikan setelah merger dan akuisisi antara lain saham 1 perusahaan privat, saham 1 perusahaan BUMN, dan saham publik.

Menteri Johnny berharap merger ini akan menghasilkan iklim industri telekomunikasi yang lebih produktif dan lebih efisien di Indonesia dalam memberikan dukungan atas transformasi digital nasional.


Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate ketika Konferensi Pers Merger dan Akuisisi PT. Indosat Tbk dan PT. Hutchison 3 Indonesia, di Kantor Pusat Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (4/1/2022).

Kewajiban Perusahaan

Bagaimana dengan kewajiban perusahaan terhadap para pelanggan setelah merger ditegaskan Menteri Johnny masuk dalam hak dan kewajiban perusahaan.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment