Kamis, 2 Mei 2024

Mengenal Damar Semurup Saat Prosesi Pemakaman YM Aji Ratu Aida Amidjoyo di Tenggarong

Senin, 20 Desember 2021 15:15

Prosesi pemakaman Yang Mulia Ratu Kesultanan Kutai Kartanegara, Aji Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Prabu Ningrat Binti Aji Senuddin menggunakan Damar Semurup, Seniin (20/12/2021). Foto: Dok

Keluarga dan kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mengantarkan jenazah Yang Mulia Ratu Kesultanan Kutai Kartanegara, Aji Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Prabu Ningrat Binti Aji Senuddin ke pemakaman, Senin (20/12/2021) pagi. Suasana khidmat dan haru mewarnai prosesi dan perjalanan ke pemakaman.

Yang Mulia Ratu Kesultanan Kutai Kartanegara, Aji Aida Amidjoyo Gelar Aji Ratu Prabu Ningrat Binti Aji Senuddin meninggal dunia pada Minggu (19/12/2021) kemarin.

Istri mendiang Yang Mulia Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Salehuddin II ini mengembuskan hapas terakhir pada usia 95 tahun di RSUD AM Parikesit.

Almarhumah dimakamkan di Komplek Makam Raja Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Prosesi Pemakaman Memakai Damar Semurup

Dalam tradisi Kesultanan, ada prosesi pemakaman untuk kerabat kesultanan yang meninggal dunia. Seperti Sultan, Ratu, maupun Ibu Suri.

Tradisi prosesi pemakaman itu adalah mengantar jenazah dengan menggunakan “Damar Semurup”. Damar Semurup adalah keranda besar yang terbuat dari kayu.

Keranda ini terdiri dari beberapa tingkatan. Pada seluruh bagian keranda terbungkus kain putih.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment