Senin, 16 September 2024

Lahan Eks Tambang di Sungai Pinang Ditanami Jagung, Rusmadi Berharap Dapat Dicontoh Daerah Lain

Selasa, 3 September 2024 13:40

Suasana tanam jagung di lahan eks tambang/Foto: Pemkot Samarinda

POPNEWS.ID - Pemanfaatan lahan eks tambang untuk menanam jagung mendapat apresiasi dari Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi.
 
Pada Senin (2/9/2024) kemarin, Kelompok Tani Tegal Rejo melaksanakan penanaman perdana jagung di lahan eks tambang di Jalan Kalan Luas RT 17 Gang 9, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang.
 
Kegiatan penanaman jagung itu didukung oleh Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Timur dan Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia (P3SI).
 
Terkait hal itu, Rusmadi menyampaikan penghargaan khusus kepada Dr. Zainal Abidin, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Timur (Kaltim), serta P3SI yang berperan aktif dalam membantu para petani.
 
"Yang pertama saya harus apresiasi dulu nih dengan Pak Doktor Zainal Abidin juga P3SI yang juga bersemangat membantu petani untuk penanaman pertama jagung ini," ujar Rusmadi.
 
Ia juga menekankan pentingnya semangat dalam mengembangkan sektor pertanian sebagai salah satu pilar ketahanan pangan.
 
"Saya memberikan apresiasi ini sebagai pribadi juga sebagai pemerintah kita bahwa yang namanya pertanian ini memang kita harus bersemangat untuk mewujudkan. Karena soal pertanian, soal pangan ini adalah berkaitan soal hidup bangsa. Itu bukan kata Rusmadi Wongso tetapi kata Bung Karno," tegasnya.
 
Selain itu, Rusmadi mengapresiasi inisiatif penggunaan lahan pascatambang untuk kegiatan pertanian, yang sejalan dengan upaya rehabilitasi lingkungan.
 
Ia berharap penanaman perdana ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan lahan eks tambang untuk kegiatan pertanian, serta mendorong upaya bersama dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam di Samarinda
 
"Apresiasi yang kedua karena ini dilakukan di lahan pasca tambang. Jadi kewajiban ini untuk mengembalikan alam lingkungan di Samarinda ini untuk kemudian tetap bisa memberikan hidup dan kehidupan bagi masyarakat, khususnya petani," pungkasnya. (*)

Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment