Jumat, 3 Mei 2024

Advertorial Dispora Kaltim

Kembangkan Potensi Cabor, Dispora Kaltim Gelar Pelatihan Wasit Kungfu

Rabu, 7 Juni 2023 19:15

Derli (kiri) sedang berpose dengan peserta dan pejabat Dispora Kaltim. (IST)

POPNEWS.ID -  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus meningkatkan potensi cabang olahraga (cabor) di Bumi Mulawarman. Salah satu potensi cabor tersebut yakni perhelatan kungfu.

Namun untuk mengembangkan potensi itu, yakni dengan melakukan pembinaan wasit untuk cabor kungfu. Dan yang menjadi peserta pelatihan wasit atau juri kungfu tradisional itu, adalah Derli Abubakar wasit Kungfu asal Samarinda.

Derli, sapaan calon wasit kungfu tradisional ini, dengan pelatihan tersebut, ia menilai akan menciptakan wasit-wasit profesional di daerah yang tidak kalah bersaing dengan para wasit dari Pulau Jawa. 

“Kami selaku peserta sangat senang sekali dengan adanya pelatihan ini, artinya kita jangan sampai ketinggalan dengan para wasit yang ada di Pulau Jawa, makanya pelatihan yang digelar oleh Dispora Kaltim sangat bermanfaat dan berguna,” ujar Derli.

Ia menilai, wasit kungfu tradisional di Kaltim jumlahnya masih sangat kurang, sehingga perlu diberikan pelatihan.

“Kurangnya wasit-wasit kita di Kaltim sehingga perlu diadakan pelatihan, di dalam pelatihan itu selam tiga hari memang sangat berguna sekali bagi para calon-calon wasit dan juri,” terang Derli.

Diungkapkannya, setiap tak jarang ketika Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia (AKTI) menggelar pertandingan, terkendala ketersediaan wasit

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment