Sabtu, 22 Juni 2024

Cegah Inflasi, Mendagri Minta Kepala Daerah Waspadai Kenaikan Harga Pangan

Senin, 10 Juni 2024 19:49

Suasana Rakor pengendalian inflasi secara online/Foto: Pemkot Samarinda

POPNEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Samarinda.
 
Kegiatan itu digelar secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (10/6/2024).
 
Rakor secara online ini diikuti Staf Ahli Sekretariat Daerah Samarinda Isfihani dan Kepala Bagian Ekonomi Yuyum Puspitaningrum di Ruang Sembuyutan gedung Balaikota Samarinda.
 
Pemkot Samarinda sendiri rutin mengikuti rakor inflasi ini dengan tujuan untuk membahas langkah kongkret dalam upaya mengantisipasi dan mengendalikan inflasi di daerah.
 
Dalam arahannya, Tito berpesan kepada pemerintah daerah untuk waspada terhadap kenaikan harga bahan pangan terkhusus untuk beras dalam bulan depan.
 
Karena menurut Tito beberapa daerah sudah memasuki iklim kemarau lebih cepat sehingga mempengaruhi terhadap pertumbuhan padi.
 
“Jadi kondisi persawahan di Jawa, Sulawesi dan Sumatra yang menjadi lumbung padi selama ini sudah mengalami kekeringan air sumur, jadi perlu untuk di waspadai bagi daerah yang kebutuhan pangannya seperti beras masih ketergantungan dengan daerah penghasil beras tadi,” ujar Tito.
 
Begitu pun jelang Idul Adha pekan depan, dia memastikan akan ada kenaikan pada demand tertentu yang bersifat temporer kecuali untuk daging sapi.
 
Tito mengingatkan kepada Gubernur, Wali kota dan Bupati bisa melihat kondisi daerahnya masing-masing terhadap komoditas penyumbang inflasi.
 
Ia minta khusus daerah yang angka inflasi dibawah nasional agar bisa mempertahankan, sementara yang tinggi segera berkoordinasi dengan kementeriannya.
 
“Jangan sampai selesai rapat hari ini berarti ikut selesai juga permasalahannya, melainkan harus ada langkah-langkah lanjutan untuk mengatasi permasalahan inflasi ini tadi,” pungkasnya. (*)

Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment