Sabtu, 4 Mei 2024

Begini Petugas Bandara Kenali Kejahatan di Antara Penumpang

Jumat, 16 Desember 2022 14:0

ILUSTRASI - Petugas bandara mengechek penumpang. / Foto: IST

POPNEWS.ID - Petugas keamanan bandara ternyata memiliki unit khusus dengan tugas memperhatikan gerak-gerik penumpang pesawat yang mencurigakan. Unit khusus ini dikenal sebagai Behavioural Detection Officers (BDO) yang seperti ada di Auckland.

Sesuai dengan namanya, petugas di unit khusus itu bisa mendeteksi perilaku yang mencurigakan dari penumpang yang terindikasi melakukan tindak kejahatan

Mereka dianugerahi kemampuan untuk mendeteksi mana penumpang yang berpergian menggunakan dokumen palsu atau bahkan menyelundupkan uang cash dalam jumlah yang sangat banyak.

"Ketika kamu stress, tubuh kamu akan melepaskan adrenalin dan banyak hormon lainnya yang membuat kita melakukan hal-hal tertentu," ungkap Karen Urwin, Manajer Operasional Aviation Security Services (AvSec) Bandara Auckland, Selandia Baru, seperti dikutip dari 9News, Jumat (16/12/2022).

Beberapa dari kita bahkan tidak menyadari melakukan hal itu, seperti gemetar, berkeringat, menangis dan aneka hal lainnya. Tapi banyak juga perilaku mikro lain, yang jika kamu tidak terlatih, kamu tidak akan mampu melihatnya," imbuh Urwin.

Para petugas ini sudah terlatih untuk melihat sedetail mungkin gerak-gerik penumpang yang mencurigakan. Jika sudah ketemu dan yakin, maka penumpang itu akan diberi label 'Red Flag'.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment