Minggu, 28 April 2024

APBD-P Samarinda Disepakati Rp 4,7 Triliun, Wali Kota Andi Harun: Fokus Pembenahan Infrastruktur hingga Peningkatan Perekonomian

Sabtu, 2 September 2023 14:17

Wali Kota Andi Harun saat melakukan penandatanganan kesepakatan Raperda APBD Perubahan (DOKPIM PEMKOT SAMARINDA).

POPNEWS.ID -  Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bersama DPRD Kota Tepian resmi mengesahkan APBD-Perubahan 2023 senilai Rp 4,7 triliun dalam agenda masa sidang III, pada Jumat (1/9/2023) sore tadi.

Dalam pengesahannya, penggunaan APBD nantinya diperuntukan pada tiga sektor pembangunan utama yang dipayungi oleh Raperda tentang Perubahan APBD Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023.

“Hari ini adalah penanda tanganan kesepakatan bersama, Raperda APBDP 2023. Kesepakatan angka ada di nominal Rp 4,7 triliun,” ucap Wali Kota Andi Harun, yang dijumpai awak media usai melakukan pengesahan di kantor DPRD Samarinda, sore tadi.

Lanjut dijelaskannya, anggaran pembangunan daerah itu nantinya akan berfokus pada tiga hal utama. Yakni pemenuhan infrastruktur dan pengendalian banjir. Penataan kota dan perekonomian daerah.

“Kesepakatan masih sama semua, garis besar ada tiga program. Pertama pembenahan infrastruktur dan pengendalian banjir, kedua penataan kota termasuk di dalamnya kebersihan dan taman. Ketiga, perekonomian daerah. Jadi APBD Samarinda berada di tiga sektor besar ini,” papar pria yang karib disapa AH itu.

Untuk pengerjaan dibidang infrastruktur, orang nomor satu di Samarinda ini menyampaikan kalau semua urusan teknikalnya telah diperhitungkan. Dan, masa pengerjaan tidak akan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

“Secara teknikal, infrastruktur di perubahan ini yang memang sudah dihitung bisa selesai maksimal di pertengahan Desember. Jadi kita tidak mengalokasi kegiatan yang diperkirakan tidak bisa selesai dalam jangka waktu tiga bulan mendatang,” tegasnya.

Meski pengerjaan dibidang infrastruktur begitu terbatas dipenghujung 2023 saat ini. Namun AH menjelaskan, kalau di masa 2024 selanjutnya, pengerjaan infrastruktur akan dikebut dan terus ditingkatkan. Sebab dipenghujung 2023 saat ini, pemerintah juga telah menyelesaikan Detail Engineering Design (DED).

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
POPentertainment