Minggu, 28 April 2024

Advertorial Pemkot Samarinda

9 Poin Kriteria Sistem Merit, Andi Harun Segera Temui Ridwan Kamil Teken MoU

Sabtu, 4 Maret 2023 20:3

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto: IST

POPNEWS.ID - Pemkot Samarinda segera menerapkan Sistem Merit seperti yang telah diterapkan oleh Pemprov Jawa Barat (Jabar).

Terkait hal itu, Wali Kota Samarinda, Andi Harun memberikan instruksi kepada jajaran Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk segera melakukan langkah persiapan.

Ia mengatakan bahwa sistem ini harus segera diterapkan karena dinilai sangat penting. 

Selain itu, Andi Harun juga menginstruksikan kepada Kepala BKPSDM untuk melakukan komunikasi dengan Pemprov Kaltim mengenai penandatanganan MoU terkait penerapan Sistem Merit Manajemen Kepegawaian Aparatur Sipil Negara.

"Penerapan Sistem Merit sendiri merupakan upaya membangun tatanan aparatur sipil negara (ASN) dari praktik KKN atau kongkalikong," kata Andi Harun.

Pemkot Samarinda akan menerapkan Sistem Merit yang merupakan salah satu sistem dalam manajemen sumber daya manusia yang menjadikan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin dan pensiun pegawai.

"Melalui sistem ini nantinya para ASN Kota Samarinda akan dinilai kinerja setiap hari oleh atasan, kolega setara dan bawahan. Hal itu membuat penilaian kinerja PNS lebih objektif," ujarnya.

Nantinya Pemkot Samarinda akan melakukan penandatanganan MoU dengan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat yang lebih dahulu telah menerapkan sistem tersebut.

"Sekarang sudah draft MoU sudah disiapkan. Tunggu jadwal pak Gubernur di Jawa Barat. Saya kesana tanda tangan," kata Andi Harun.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
POPentertainment